Untuk Pemula

Tahukah Anda - Manfaat Sifat Distributif dalam Perkalian

Ketika kita ingin menghitung perkalian sebuah bilangan dari yang sederhana sampai rada kompleks tapi berpola seperti: , , atau . Biasanya waktu belajar Matematika di Sekolah Dasar kita diajarkan perkalian susun ke bawah selain karena kita belum dikenalkan variable (peubah) seperti , , dan lain-lain, cara perkalian susun ke bawah adalah salah satu metode yang paling mudah diterima untuk anak-anak/ pemula yang sedang (akan) belajar Matematika.

Tetapi pada saat kita telah mengenal variable lalu diajarkan sifat distributif dan variasinya dalam berbagai macam rumus perkalian variable. Kebanyakan dari kita tidak mengerti manfaat dari sifat distributif dan variasinya tersebut dalam proses berhitung, kita lebih sering menggunakan perkalian susun ke bawah, padahal manfaatnya luar biasa lho. Gak percaya?

Sebelum saya jelaskan lebih jauh, coba baca tulisan ini dulu ya Tahukah Anda - Sifat Distributif sangat berguna dalam Matematika karena akan berhubungan dengan tulisan selanjutnya.

Oke, setelah kalian mengetahui tentang sifat distributif dan perluasannya. Sekarang saya akan coba jelaskan manfaatnya dalam perkalian. Yuk di simak:

Tahukah Anda - Manfaat Sifat Distributif dalam Perkalian

Kita mulai dari soal perkalian sederhana dulu ya:

  1. , di dalam soal ini kita bisa melakukan perkalian susun ke bawah dan dengan mudah diperoleh hasil , tetapi saya akan coba jelaskan penggunaan sifat distributif untuk soal ini dan tentunya pada soal-soal selanjutnya. Meskipun di soal ini tidak terlihat sifat distributifnya baik dalam penjumlahan atau pengurangan tetapi kita bisa ciptakan sifatnya dengan cara menguraikan bilangan yang kita pilih (dalam hal ini yang paling mudah dikalikan). Disini saya pilih menjadi . Sehingga soal  menjadi , lalu dengan menggunakan sifat distributif menjadi . Sehingga kalau kita jabarkan akan menjadi:

    Bagaimana? Apakah bisa dipahami? Kalau masih bingung, tenang masih ada contoh selanjutnya. Intinya bilangan yang kita pilih, kita uraikan menjadi kelipatan , karena perkalian dengan bilangan akan memudahkan kita dan akan sering saya gunakan dalam tulisan ini.
  2. , untuk soal ini, kedua bilangan akan kita uraikan menjadi kelipatan . Untuk bilangan menjadi dan untuk bilangan menjadi . Sehingga , selanjutnya dengan menggunakan rumus ini

    kita bisa peroleh , diperoleh hasil . Sehingga kalau kita jabarkan akan menjadi:

    Bagaimana? Mudahkan? Lanjut soal berikutnya yuk!
  3. , untuk soal ini jelas sangat rumit jika kita melakukan perkalian susun ke bawah tetapi akan menjadi mudah jika kita gunakan sifat distributif. Kita akan uraikan kedua bilangan, dalam kasus ini kedua bilangan tersebut nilainya sama, yaitu bilangan yang kalau kita uraikan akan menjadi . Sehingga , selanjutnya dengan menggunakan rumus ini

    kita bisa peroleh , diperoleh hasil . Sehingga kalau kita jabarkan akan menjadi:

Bagaimana? Apakah sudah bisa melihat manfaat sifat distributif dalam perkalian? Kalau belum coba pelajari lagi ya, tulis ulang kalau perlu biar bisa dipahami dan melihat polanya. Lalu setelah itu coba kerjakan soal ini ya buat latihan:

Atau kalian punya soal lain? Silahkan tanyakan di kolom komentar ya. Saya tunggu.