Limit

Soal Limit Pecahan Aljabar - Kelas XI

Pada tanggal 13-15 April 2015, siswa/i SMA akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) 2015. Ada hal menarik terkait UN 2015 ini, yaitu UN tidak lagi menjadi standar kelulusan - banyak yang senang akan hal ini terutama saya -. Meski demikian, standar nilai nasional tetap diberlakukan yaitu minimal 5,5. Ini akan menjadi polemik tersendiri bagi siswa/i yang nilainya di bawah standar, apakah tetap dinyatakan lulus atau mengikuti ujian susulan? Oke daripada kalian memikirkan polemik ini ada baiknya kalian tetap fokus belajar dan belajar.

"Batas nilai minimal tersebut diberlakukan untuk mengukur kemampuan siswa dalam mata pelajaran yang diujikan," kata Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Badan Penelitian dan Pengembangan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Profesor Nizam, di Kantor Kemendikbud, Kamis (29/1/2015). Sumber Standar Nilai Lulus Ujian Nasional 5,5

Kali ini saya akan membahas sebuah soal Limit Pecahan dalam bentuk Aljabar, soalnya seperti ini

Jika , maka nilai adalah...

Tipe soal limit ini tidak keluar tahun lalu tetapi bukan berarti tidak wajib pelajari. Oke, sebelum kita bahas, perhatikan penjelasan berikut:

  1. Jika kalian menemukan soal limit yang mempunyai hasil seperti ini, kalian harus tetap cek apakah limit ini bentuknya tak tentu atau bukan? Udah tahukan limit bentuk tentu itu seperti apa? Salah satu bentuk tak tentu dalam limit adalah , yaitu sebuah nilai yang diperoleh dengan kita substitusi nilai pada isi limitnya.
  2. Jika kalian menemukan soal limit bentuk tak tentu, kalian bisa melakukan berbagai cara salah-satunya adalah dengan menggunakan turunan, tetapi cara turunan ini bukan cara yang saya sukai karena menghilangkan tujuan utama siswa/i dalam mempelajari limit, yaitu kemampuan analisa aljabar dan manipulasinya, seperti: pemfaktoran, kali sekawan dan lain-lain. Untuk siswa/i yang baru belajar limit jangan sekali-kali menerima cara turunan ini ya karena bab turunan akan kalian pelajari setelah mempelajari bab limit dan rumus turunan itu diperoleh dari limit berdasarkan kemampuan analisa aljabar. So, jangan dibalik ya belajar turunan untuk mengerjakan limit.

Rata-rata soal limit yang diberikan adalah bentuk tak tentu, tujuan diberikan soal limit bentuk tak tentu adalah untuk melatih kemampuan analisa aljabar siswa/i. Cara mengerjakan limit dengan turunan mematikan kemampuan analisa aljabar

Lalu bagaimana cara pengerjaan limit yang benar? Untuk yang baru mempelajari limit atau gak paham-paham tentang limit ada baiknya menonton video ini:

Konsep Dasar Pengerjaan Limit Aljabar

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Pada video diatas dijelaskan asalan kenapa limit menjadi bentuk tak tentu dan cara membuat limit tersebut menjadi mempunyai nilai yaitu dengan menghilangkan bentuk . Konsep yang sama juga bisa diterapkan untuk soal di atas, yaitu dengan menghilangkan bentuk .

Jika kalian sudah paham konsep utama dari limit, kalian bisa tonton penjelasan Soal Limit Pecahan Aljabar - Kelas XI pada video berikut:

Limit Aljabar - Prediksi Ujian Nasional Matematika 2015

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul

Lalu bagaimana cara pengerjaan limit dengan turunan? Ini saya tampilkan jawaban dari @mathphilosophia

Baca Juga: Limit Fungsi Aljabar Pecahan Bentuk Akar menggunakan Turunan

Tonton Juga: Contoh Limit Aljabar Bentuk Akar menggunakan Pemfaktoran

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul

Oke, semoga penjelasan ini bisa diterima dengan mudah ya! 🙂

Salam,

@isranurhadi