Saya gagal (belum beruntung) tahun ini, apa yang harus saya lakukan?

Posted on Posted in Opini
Sumber: https://kenoath.files.wordpress.com/2008/11/confused-indecisive1.jpg

Tahun ini mungkin bukan tahun yang terbaik untuk saya, semua usaha untuk bisa kuliah di kampus favorit kandas setelah melihat hasil dari ujian-ujian yang telah saya lakukan, mulai dari SBMPTN, SIMAK UI, UM UGM, UM Undip dan lainnya. Apa yang salah? Apakah saya tidak layak kuliah di Universitas yang saya impikan? Apakah usaha saya kurang maksimal? Apakah-apakah lainnya mungkin itu yang ada di dalam kepala kalian. Tapi tenang, itu bukan akhir dari segalanya kalian jangan langsung menganggap kalian gagal, kalian hanya belum beruntung. Oke, ini mungkin sangat klasik. Hampir semua orang disekeliling kalian pasti akan bilang hal yang sama tapi saya akan mencoba memberikan sebuah opini berdasarkan pengalaman saya sebagai pelajar dan pengajar.

Orang yang sukses adalah orang yang menghargai waktunya dan waktu orang lain

Saya gagal (belum beruntung) tahun ini, apa yang harus saya lakukan?

Tahun ini saya harus kuliah
Ini wajib kalian lakukan karena kalian harus berada di "zona belajar", sebuah zona aman agar kalian tetap memperoleh pendidikan. Anggap saja kalian ingin mengulang ujian lagi tahun depan, langkah ini sangatlah mutlak untuk kalian lakukan agar kalian tidak terlalu pusing saat mengulang pelajaran yang akan diujikan tahun depan. Kalian akan belajar kalkulus, sebuah materi kuliah yang berisi pelajaran matematika dasar dan ada pelajaran bahasa yang tentunya sangat berguna kedepannya. Lalu jika kalian tidak ada keinginan untuk mengulang tahun depan, buktikan bahwa kalian bisa menjadi yang terbaik di kampus kalian sekarang. Kalau kalian yakin bisa kuliah di tempat yang terbaik jangan sampai nilai kalian di kampus yang kalian tidak impikan waktu itu jelek. Sumpah ini sangat memalukan. Bagaimana kalian bisa bersaing di kampus impian kalian jika nilai kalian di kampus yang tidak kalian impikan saja kalian tidak memperoleh nilai terbaik? Kondisi tersebut juga akan berdampak di dunia pekerjaan. Jika seseorang di kampus bagus IPK-nya 3, maka kalian harus mempunyai IPK > 3, kalau tidak kalian akan kesulitan bersaing.

Apakah saya harus mengulang tahun depan?
Mengulang atau tidak itu adalah sebuah pilihan dan pilihan tersebut sangatlah sulit jika tanpa perencanaan yang matang. Serius, karena saingan kalian adalah siswa yang belajar materi ujian-ujian universitas secara terstruktur sedangkan kalian tidak. Tapi jangan takut untuk mencoba, saya dulu juga mengulang dan berhasil keterima tapi tanpa kuliah dan itu pusing banget hehe, makanya saya sangat menyarankan kalian harus kuliah. Lalu murid saya tahun ini ada yang mengulang juga dan dia keterima di jurusan impiannya, kedokteran di Universitas Indonesia. Well, gak ada yang tidak mungkin asalkan kalian sungguh-sungguh dan merencanakan dengan maksimal tidak ada yang tidak mungkin.

Oke, karena tahun depan itu masih lama, ya gak lama juga sih hehe, fokus untuk kuliah tahun ini dan buktikan kalian bisa mendapatkan nilai yang terbaik lalu bikin perencanaan yang matang jika memang ingin mencoba ujian tahun depan.

Saya ingin mengulang tahun depan, apa yang harus saya lakukan?
Jika kalian sudah memutuskan untuk mengulang tahun depan pastikan ini bukan sebuah keputusan yang terburu-buru. Sekali lagi jangan terbawa nafsu atau ego ya. Kalian harus memikirkan untung dan ruginya. Ada waktu dan biaya yang akan kalian korbankan. Oke jika sudah mari saya bantu bikin plannya:

  1. Tentukan jurusan yang kalian inginkan. Penentuan jurusan ini penting jangan diremehkan, fokus di satu jurusan itu lebih baik. Jangan terpaku dengan Universitas.
  2. Ikuti semua ujian yang ada. Ketika kalian memutuskan untuk mengulang kalian harus turunkan ego universitas kalian, tujuan kalian cuma satu, yaitu belajar di jurusan yang kalian impikan, misal kedokteran seperti murid saya tahun ini, dia coba semua ujian yang ada kedokterannya dan Alhamdulillah keterima di Universitas Indonesia melalui SBMPTN.
  3. Pelajari kelemahanmu. Hanya kalian yang tahu di mana kelemahanmu apakah di matematika atau pelajaran lain. Ingat jangan pernah meremehkan pelajaran bahasa. Jika kalian kurang di bahas inggris kalian wajib les ditempat khusus bahasa inggris dan bisa dimulai secepatnya. Jika kalian lemah di matematika ini ada saran dari saya Cara Belajar Matematika Yang Benar
  4. Beranikan diri untuk cuti. Cutilah jika kalian memang ingin mengikuti ujian lagi, cari bimbel yang benar-benar memperhatikan kalian bukan bimbel yang isinya banyak siswa, kalian akan kesulitan bertanya dan cari guru privat (jika mampu) khusus untuk materi yang selalu membuat kalian kesulitan. Waktu cuti yang efektif di semester II.
    Catatan: Saya kurang tahu apakah cuti sudah diperbolehkan di semester II atau belum. Jika belum diperbolehkan cuti kalian harus bisa membagi waktu antara kuliah dan belajar. Ini memang berat tetapi harus kalian hadapi.

  5. Perbanyak sumber pembelajaran. Di jaman yang keren ini, sudah seharusnya kalian memanfaatkan dengan baik, banyak sumber pembelajaran yang bisa kalian dapatkan. Misal dengan mencari soal-soal di website ini atau youtube Istana Matematika
  6. Hargai waktu dan orang lain. Hargai waktu yang tersisa jangan disia-siakan dengan melakukan hal yang tidak penting dan hargai orang-orang disekelilingmu, bangung komunikasi dengan guru-gurumu untuk memintai pendapat atau menanyakan soal. Orang yang sukses adalah orang yang menghargai waktunya dan waktu orang lain.

Oke, mungkin segitu saja opini dari saya. Apapun pilihan kalian. Jadilah yang terbaik dimanapun kalian berada.

Salam,

@isranurhadi

Add Official Line@ dari Istana Matematika untuk berdiskusi dengan saya! Caranya:
 

  1. Search @istanamatematika di Line kamu, ingat pake "@" ya.
  2. Add langsung
    Add Friend
  3. Klik @IstanaMatematika
  4. Scan barcode