Pengertian Definit untuk Persamaan atau Fungsi Kuadrat

Posted on Posted in Fungsi, Persamaan

Ketika kita mengerjakan soal persamaan kuadrat atau fungsi kuadrat, pasti kita menemukan persamaan atau fungsi yang tidak bisa difaktorkan dengan normal? Biasanya banyak yang nyerah terus bilang ini gak punya faktor yang artinya tidak mempunyai akar hehehe...

Tunggu dulu, jangan langsung nyerah. Ada cara lain lho untuk bisa menemukan akar-akarnya, yaitu:

  1. Menggunakan Kuadrat Sempurna 

    Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul
  2. Rumus ABC (Al khawarizmi) (Contoh soal yang diselesaikan dengan Rumus ABC)

Nah, kalau semua cara itu tetap membuat kalian kesulitan, bisa jadi memang persamaan atau fungsi kuadrat tersebut tidak mempunyai akar-akar penyelesaian. Wah capek dong, udah coba berbagai cara ternyata akar-akarnya tidak ketemu.

Tenang, saya akan memberikan tips nih biar kalian gak coba semua cara tersebut:

  1. Faktorin normal, kalau tetap tidak bisa difaktorkan cek dulu nilai diskriminannya. Udah tahu dong diskriminan itu apa? Kalau belum saya jelasin secara singkat deh.
    Diskriminan itu biasa ditulis D, kalau diperjelas nilainya tuh D = \sqrt {{b^2} - 4ac} . Nah nilai dari D itu ada tiga jenis nih, yaitu:

    D > 0{\rm{; akar - akar}}\;{\rm{real}}\;{\rm{berlainan}}

    D = 0{\rm{; akar - akar}}\;{\rm{real}}\;{\rm{kembar}}

    D < 0{\rm{; akar - akar}}\;{\rm{tidak}}\;{\rm{real}}

  2. Kalau kalian menemukan nilai dari D nya tuh <0. Ini artinya persamaan atau fungsi kuadrat tersebut tidak mempunyai akar jadi gak perlu dilanjutkan lagi mencari akar-akarnya menggunakan Kuadrat Sempurna atau Rumus ABC

Selesai deh masalah akar-akaran, tetapi bukan itu yang mau saya angkat ditulisan ini. Coba deh perhatikan nilai D<0, itu kan ditulis akar-akarnya tidak real ya, tetapi dia mempunyai makna nih kalau kita gambar di koordinat kartesius (tidak menyentuh sumbu x) dan nilai D<0 ini sering digunakan sebagai syarat dari Definit. Apa itu Definit? Lebih jelasnya nonton video ini dulu ya.

Pengertian Definit untuk Persamaan atau Fungsi Kuadrat

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul

Nah, di video Pengertian Definit kan ada syarat-syarat untuk Definit Positif dan Definit Negatif yang kalau kalian lihat langsung sih jadinya menghapal tetapi kalau kalian tonton video tersebut saya jamin deh kalian paham kenapa syaratnya seperti itu. Ini nanti melatih kalian meraba sebuah grafik dari fungsi kuadrat jadi gak buta-buta banget sama grafik hehe.

Oke, segitu dulu aja ya. kalau ada yang kurang atau ingin ditanyakan bisa tulis di kolom komentar ­čÖé

Salam,

@isranurhadi

Add Official Line@ dari Istana Matematika untuk berdiskusi dengan saya! Caranya:
 

  1. Search @istanamatematika di Line kamu, ingat pake "@" ya.
  2. Add langsung
    Add Friend
  3. Klik @IstanaMatematika
  4. Scan barcode