Aljabar

Pengenalan Variabel, Koefisien, Konstanta, dan Suku


Halaman ini berisi tentang pengertian dari variabel, koefisien, konstanta, dan suku.

  1. Variabel
  2. Variabel adalah lambang pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dengan jelas. Variabel disebut juga peubah. Variabel biasanya dilambangkan dengan huruf kecil , , , .

    Contoh 1:
    Ibu membeli gula sebanyak dua kilogram, beras sebanyak lima liter dan minyak goreng sebanyak satu liter. Disini kita bisa 'ubah' kata gula dengan dan beras dengan dan minyak goreng dengan . Sehingga belanjaan ibu bisa ditulis kedalam bentuk , , dan .

    Kalimat matematika yang mewakili total belanjaan ibu adalah .

  3. Koefisien
  4. Koefisien pada bentuk aljabar adalah faktor konstanta dari variabel pada bentuk aljabar. Pada Contoh 1 terdapat tiga buah variabel, yaitu x, y dan z. Angka 2 adalah koefisien dari variabel x, angka 5 adalah koefisen dari variabel y dan koefisien dari variabel z adalah 1. Untuk lebih jelasnya, perhatikan Contoh 2:

    20110716-075447.jpg

  5. Konstanta
  6. Suku dari suatu bentuk aljabar yang berupa bilangan dan tidak memuat variabel disebut konstanta. Contoh 3:

    20110716-083044.jpg

  7. Suku
  8. Suku adalah gabungan antara variabel beserta koefisiennya dan konstanta pada bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih.

    Berikut tipe-tipe suku

    20110716-100014.jpg

    Bentuk aljabar yang mempunyai lebih dari dua suku disebut suku banyak atau polinom. Nanti, di tingkat yang lebih lanjut kalian akan mempelajari mengenai suku banyak atau polinom.