Pembuktian Rumus Aturan Cosinus - Trigonometri

Posted on Posted in Trigonometri

Oke, kali ini saya akan menjelaskan pembuktian sebuah rumus yang seru banget nih buat dibuktiin, namanya rumus aturan cosinus. Rumus ini sangat penting banget dan sering digunakan untuk mencari panjang sisi, besar sebuah sudut untuk bangun apapun, kecuali lingkaran atau bola kali ya hehe.
IMG_2358.PNG
Rumus aturan cosinus ini pertama kali kalian pelajari pada bab trigonometri, lalu diaplikasikan ke bangun datar sembarang (selain lingkaran) dan bangun ruang (dimensi tiga). Wah pokoknya rumus aturan cosinus ini berguna banget deh bagi siswa yang sedang belajar matematika apalagi yang mau kuliah teknik.

Biasanya siswa yang melihat rumus aturan cosinus ini langsung menghapal rumusnya saja tanpa tahu darimana datangnya. Mmmmh rumus aturan cosinus ini sayang banget lho kalau langsung dihapalin karena pembuktiannya sangat seru dan penting banget untuk melatih kalian menemukan ide saat mengerjakan sebuah soal matematika yang sulit. Seringkan kalian saat menghadapi soal-soal trigonometri yang sulit kebingungan mesti diapain? Nah itu efek dari kalian tidak terlatih menemukan ide. Mempelajari sebuah pembuktian rumus sangat mungkin membantu kalian menemukan ide, so gak ada salahnya mempelajari pembuktian-pembuktian rumus yang memang mudah dibuktikan.

Baca juga: Cara Belajar Matematika Dengan Benar

Mungkin pertanyaannya apakah dengan membuktikan rumus bisa membuat saya "murid" menjadi pintar bermatematika? Gak juga but at least you are on the right line. Membuktikan rumus itu bukan hanya melihat atau menyalin saja tetapi harus dengan logika berpikir yang benar, seperti kenapa mesti menggunakan konsep A, bagaimana jika menggunakan konsep B? Apa yang terjadi jika saya "murid" menggunakan konsep C dan seterusnya. Teruslah berpikir alasannya bukan hanya melihat atau menyalin pembuktiannya saja karena menyalin tanpa berpikir itu useless.

Nah, ditulisan ini saya tidak hanya membuktikan rumus aturan cosinus saja tetapi juga mengajak kalian berpikir dengan benar. Oke, tanpa panjang lebar silahkan kalian tonton video di bawah ini:

Pembuktian Rumus Aturan Cosinus - Trigonometri

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul

Jika kalian sudah menonton pembuktian rumus aturan cosinus di atas, kalian seharusnya bisa membuktikan rumus aturan sinus berikut:

\frac{a}{{\sin \alpha }} = \frac{b}{{\sin \beta }} = \frac{c}{{\sin \gamma }}

karena langkah-langkahnya hampir serupa. Silahkan dicoba ya buat latihan nanti share pembuktian kamu di kolom komentar. Ditunggu! 🙂

Oke deh, segitu dulu ya semoga tulisan ini bermanfaat.

Salam,
@isranurhadi

Add Official Line@ dari Istana Matematika untuk berdiskusi dengan saya! Caranya:

  1. Search @istanamatematika di Line kamu, ingat pake "@" ya.
  2. Add langsung
    Add Friend
  3. Klik @IstanaMatematika
  4. Scan barcode