[OPINI] Siapkah Kalian menghadapi Ujian (Matematika) Sesungguhnya?

Posted on Posted in Opini

Wah gak kerasa sebentar lagi kalian (yang kelas 3 SMA) akan mengganti seragam abu-abu kalian menjadi baju bebas. Ya, kalian akan kuliah dan tentunya kalian akan merindukan momen-momen saat berseragam abu-abu (biasanya sih satu tahun ke atas setelah kuliah), lalu sambil berkata "enakan pas SMA ya daripada kuliah hehe"

Apakah kalian sudah siap menjadi MAHAsiswa/i? Yang artinya kalian akan banyak belajar sendiri daripada diajarkan guru eh dosen maksudnya. Ya itu salah satu perbedaan siswa/i dan MAHAsiswa/i ya tapi bukan itu topik yang akan saya angkat melainkan persiapan-persiapan kalian agar kalian bisa diterima di Universitas favorit. Yuk, mari kita bahas.

[OPINI] Siapkah Kalian menghadapi Ujian (Matematika) Sesungguhnya?

  1. Pilih Jurusan. Sudahkah menentukan jurusan yang kalian pilih? Kalau belum mesti disiapkan dari sekarang nih, jangan sampai pas injury time, bahaya! Kok bahaya? Bahayanya di mana? Gini, Jurusan yang kalian pilih itu harus sesuai dengan minat (passion) kalian, karena kalian akan menghabiskan waktu kalian mempelajari ilmu yang ada di jurusan itu selama kuliah dan akan bekerja di bidang yang sesuai dengan jurusan yang kalian pilih. So, kalau kalian menentukan jurusan pas injury time itu artinya kalian belum tahu passion kalian di mana. Masih ada waktu nih buat mencari passion kalian di mana. Saya bantu sedikit ya, misal kalian gak suka kerja di balik meja cari jurusan yang kerjanya di lapangan lalu jika kalian gak suka kerja dari jam 9 (pagi) sampai jam 5 (sore) cari kerjaan yang sesuai dengan kondisi tersebut (biasanya sih jadi seniman, orang yang mempunyai bakat atau lain-lain). Ya intinya kalian harus jujur sama diri kalian dan coba tanyakan "What should i do for living?". Jadi jawabannya ada di dalam diri kalian masing-masing.
  2. Pilih Universitas. Pemilihan Universitas ini setelah kalian menentukan Jurusan ya jangan dibalik terus bilang "gpp deh jurusan gua A yang penting gua kuliah di Universitas B". You'll sacrifice on it. You just playing with your ego. Tinggalin deh tuh si ego, banyak kok Universitas yg bagus selain Universitas ego kalian itu. Yang terpenting itu Jurusan, lalu cari nilai akreditasinya, pilih yang terbaik karena itu hal utama bukan Universitasnya. Minimal itu nilai akreditasinya B kalau bisa dapat A ya bagus. Uiya satu lagi, kalau kalian misalkan nih, mau kerja di Bank atau Instansi pemerintah gitu ada lho tempat belajar semacam kuliah gitu yang langsung bisa kerja di sana jadi lebih jelas arahnya. Misal kalian mau kerja di Bank A, ada tuh semacam kuliah (tapi gak dapat gelar) yang memungkinkan kalian langsung kerja di Bank tersebut. Silahkan Google sendiri ya hehe. Uiya, tambahan nih, kalau mau kerja di luar negeri bagusnya ambil Universitas di luar kalau bisa sih Universitasnya di negara yang kemungkinan kalian akan kerja di sana itu lebih oke lagi. Tinggal belajar yang bener, deketin dosen-dosennya, sering ikut organisasi biar makin dikenal. Jangan hanya belajar aja ya, bergaul itu penting dan harus karena gak ada orang yang mau kerja sama robot hehe. Untuk yang serius mau kuliah di luar negeri mulai sekarang cari beasiswa saja dan mempelajari bahasa negara tersebut (ini sangat membantu) dan tentunya bahasa Internasional, English. 
  3. Belajar. Ya ini hal yang memang sudah jadi kewajiban kalian jadi ya harus kudu rajin belajar. Mulai dari persiapan UN (Ujian Nasional) sampai Ujian Universitas. Mau saran dari saya? Pelajari soal-soal Ujian Universitas dari sekarang jangan hanya pelajari soal UN, serius nih. Biar gak kaget karena soal-soal Ujian Universitas ini beda banget sama soal UN jadi kalian akan terbiasa melihat tipe soal-soalnya karena soal-soalnya lebih sulit, tingkat kesulitannya itu 1:4 untuk soal Ujian Universitas. Uiya ini saya berbicara untuk lingkup soal Ujian Universtas pelajaran Matematika ya. Nah kalau kalian terbiasa dan bisa mengerjakan soal Ujian Universitas kalian akan mudah mengerjakan soal UN.  Percaya deh 🙂

     
    Berdasarkan pengalaman saya, siswa/i yang baru belajar soal Ujian Universitas setelah UN, kebanyakkan gak diterima di Universitas yang mereka impikan karena dia telat belajarnya, persiapannya kurang lebih cuma dua bulan dan soalnya itu jauhhhhhh lebih susah dari soal yang dia pelajari di sekolah. Ini bukan karena dia gak bisa mengerjakannya tetapi karena waktu belajarnya yang sempit. Mau seperti mereka? Gak kan? Jadi, mulai sekarang kalian harus kudu dan wajib mempelajari soal-soal Ujian Universitas. So, don't be late!

Oke bagi yang belum tahu tingkat kesulitan soal-soal Universitas, saya akan berikan contoh soal dan jawabannya. Kalian cukup membayar per twit/post untuk bisa men -download- nya:

  • Soal Asli Kemampuan IPA SIMAK UI 2013 kode 131:
  • Pembahasan Matematika IPA SIMAK UI 2013 kode 131:

Bagi yang tertarik membeli Buku Matematika SIMAK UI dari Istana Matematika bisa mampir ke sini