[OPINI] Perlukah anak IPS mempelajari Matematika?

Posted on Posted in Opini

Sudah beberapa minggu ini mau nulis sebuah opini di www.istanamatematika.com dan mengajak diskusi teman-teman siapapun (murid, guru atau umum) untuk mencari solusinya. Ini tulisan pertama saya tentang opini. Mari kita diskusikan.

Mungkin banyak yang udah tahu kalau saya sering bilang begini di @IstanaMatematik: Banyak siswa/i yang kelasnya NAIK tapi ILMU matematikanya TIDAK NAIK.

Hari ini saya bertemu lagi dengan kondisi seperti itu waktu mengajar siswa/i kelas XI IPS untuk bab Invers Fungsi. Mereka tidak bisa membedakan cara mencari nilai x untuk soal x + 3 =5 dan 3x=5 lalu \frac{x-3}{\frac{1}{2}} = 5. Ini sangat menyedihkan buat saya. (Penjelasan cara mencari nilai x menyusul)

Mereka bukan gak bisa bab Invers Fungsi tapi mereka gak bisa konsep Aljabarnya yang sudah diajarkan waktu mereka SMP. Dibenak saya timbul pertanyaan bagaimana dia bisa lolos bab SMA lainnya ya? Secara Aljabar dia belum benar.

Akhirnya saya berhenti mengajar dan mulai ajak mereka diskusi kenapa mereka gak bisa, mencari penyebabnya dan mencoba memotivasi mereka.

Setelah saya diskusi, ternyata mereka terbiasa menghapal rumus-rumus Matematika, mereka nyontek untuk mendapatkan NILAI, mereka tidak peduli mereka bisa apa nggak (baca: dapat Ilmu) yang terpenting nilai mereka bagus.

Banyak siswa/i yang kelasnya NAIK tapi ILMU matematikanya TIDAK NAIK.

Kemudian saya bertanya begini: Kalian nanti mau kuliah di mana?, mereka bilang di Universitas ini, itu. Mmmmh, saya bilang dengan berat hati kalau kalian gak akan bisa kuliah di sana jika matematika kalian seperti saat ini, memang terdengar kejam tapi mereka harus tahu diri untuk bisa mengejar ketertinggalannya.

Sampai di sini mungkin ada yang protes kan gak mesti bisa matematika aja klo pelajaran lainnya bagus bisa dong masuk Universitas Impian? Ya benar bisa tapi kan klo nilai matematikanya nol atau sampai minus peluang mereka kecil untuk bisa lolos, belum lagi saingannya banyak. Mmmh, "klo pelajaran lainnya bagus ya". Yakin pelajaran lainnya bisa bagus? Bisa benar 70% aja bagus hehe. Uiya, satu lagi, soal matematika untuk Ujian Matematika tingkat Universitas itu tingkat kesulitannya beda lho dengan soal-soal harian di sekolah atau UN. Matematika dasarnya saja itu di atas UN IPA mungkin 3 sampai 4 kali lipat.

Nah, terus bagaimana nasib anak IPS? Apa solusi terbaik menurut teman-teman? Ditunggu komentarnya ya.

NB: Tulisan ini bersambung.